Jumat, 02 Januari 2009

PENGEMBANGAN PENILAIAN BERBASIS KOMPETENSI UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, DAN MENYENANGKAN (PAKEM)

Resti Dewi Wijayanti
Wahyu Budi Laksono
Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Email ketua peneliti restidewi_tp05@yahoo.com

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model penilaian yang tepat untuk pendekatan PAKEM serta memaparkan penerapan di sekolah. Penelitian ini menggunakan deskriptif yaitu untuk mendeskripsikan atau menjelaskan serta menganalisa sendiri suatu peristiwa dan kejadian yang ada pada masa sekarang. Adapun Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu snowball sampling. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode, yaitu dengan cara mengecek ulang informasi hasil pengamatan dan wawancara dengan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif, yaitu analisis yang bertolak dari data dan bermuara pada simpulan-simpulan umum. Hasil penelitian ini diketahui bahwa penilaian yang direncanakan oleh guru tidak hanya memberi tambahan pengetahuan pada siswa tapi juga memperhatikan aspek kognitif, afektif dan psikomotor siswa. Teknik dan metode yang digunakan dalam pelaksanaan penilaian. Setidaknya terdapat tujuh metode penilaian yang dapat digunakan, yaitu tes tertulis, penilaian unjuk kerja, penilaian portofolio, penilaian proyek, penilaian produk, penilaian sikap dan penilaian diri. Apabila siswa belum tuntas menguasai kompetensi, maka siswa tersebut harus mengikuti uji ulang (remedial).Sedangkan siswa yang telah menguasai diberikan program pengayaan. Bagi guru, hendaknya variasi dalam melaksanakan penilaian dalam kelas sehingga kemampuan siswa dapat terungkap seluruhnya.

Kata Kunci: Penialaian Berbasis Kompetensi, Pembelajaran Aktif, Kreatif, dan Menyenangkan (PAKEM).

1 komentar: